Yuk ! Kenali 4 Langkah Berpikir Komputasional

BERPIKIR KOMPUTASIONAL


 Haloo guys, udah agak lama yaa ngak nulis blog. Nah, berhubung Mr. Budi menugaskan ini jadi aku tulis blog lagi deh. Untuk blog kali ini aku bakal kasih tau deskripsi dan contoh tentang 4 dasar berpikir komputasional. Diantaranya ada Abstraksi, Algoritma, Dekomposisi, dan Pengenalan Pola. 

1. Abstraksi : Mengacu pada menyarikan bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting sehingga memudahkan fokus kepada solusi. Tujuan     : Mengetahui informasi penting mana yang harus diketahui untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Contoh 1 : Kamu mengidentifikasi kapan saja jadwal keberangkatan kereta dari Jogja ke Jakarta, kemudian menentukan mana yang cocok dengan jadwal interview. Contoh 2 : Dalam menentukan posisi di Bumi saat menggunakan Google Maps dapat digeneralisasi dengan menggunakan titik koordinat bujur dan lintang.

2. Algoritma : Solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut) untuk mencapai suatu tujuan (solusi).Memiliki syarat berupa harus ada input, output, proses, instruksi yang jelas, dan memiliki tujuan akhir.
    Tujuan    : Membantu memecahkan suatu permasalahan dengan logika dan sistematis.
    Contoh 1 : Menentukan tahapan apa saja yang harus dilakukan agar sampai di Jakarta tepat waktu/flowchart.
   Contoh 2 : Panduan mulai dari mengambil teh dari wadah, menyeduh air, mencampurkan gula hingga mencampurkannya dengan air panas. Setelah semua tercampur rata, teh siap dihidangkan, sebelum disantap harus diaduk terlebih dahulu.


3. Dekomposisi : Pemecahan masalah atau sistem yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga mudah diatur dan mudah dipahami dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu.

   Langkah     : 

- Analisis masalah agar bisa terurai atau dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

- Parallelization atau memparalelkan masalah-masalah kecil tersebut supaya bisa selesai lebih efektif dan efisien.

- Sintesis, dimana masalah kecil tersebut diselesaikan, setelah itu digabungkan kembali menjadi masalah kompleks yang terselesaikan.

   Contoh   1 :  - Menentukan moda transportasi apa yang akan kamu gunakan ke Jakarta.
                        - Uraikan tahapan perjalanan dari Jogja ke Jakarta
                        - Selisih waktu kedua interview tersebut cukup lama dan jarak kantornya kebetulan berdekatan, kamu merasa masih bisa mengikuti keduanya.
  Contoh   2 : Dalam masalah sampah di SMP Labsky yang tidak di sortir, solusinya menyediakan tong sampah yang dibagi 3 jenis untuk (organik, anorganik, B3 diganti jadi cans).



4. Pengenalan Pola : Kemampuan untuk mengenal atau mengetahui persamaan dan perbedaan pola, tren, keteraturan data.
    Tujuan        : Membantu dalam memahami bagaimana setiap bagian saling berhubungan.

    Contoh    1 : Mengidentifikasi bahwa perjalanan dari Rumah ke Stasiun Tugu Jogja, dari Stasiun Gambir ke kantor 1, dan dari kantor 1 ke kantor 2 dapat kamu tempuh menggunakan moda transportasi ojek online.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


3 Konsep Penting Berpikir Komputasional

SEARCHING
Penerapan =  - Mencari buku dengan judul tertentu di rak buku perpustakaan
                      - Mencari pakaian batik seragam kalian di lemari yang berisi semua pakaian yang kalian miliki. 

SORTING
Penerapan = - Bank menggunakan komputasi sorting array dalam aplikasinya sehari-hari
                    - Barang-barang di supermarket disusun berdasarkan jenisnya

STACK

Penerapan = - Seseorang yang sedang mencuci piring, piring yang dicuci pertama pasti akan diletakan dibawah dan akan terus berlanjut sampai tumpukan piring yang terakhir dicuci.
                    - Tumpukan Batu bata yang sedang diturunkan dari mobil pasti yang diambil adalah batu bata yang paling atas, padahal batu bata pertama yang dimasukkan kedalam mobil adalah batu bata yang berada dibawahnya.

QUEUE
Penerapan = - Barisan orang yang menunggu untuk membayar di kasir supermarket, tol, listrik, air, atau tempat pembayaran lainnya. Orang yang berdiri di depan akan menjadi yang pertama dilayani dan meninggalkan barisan.
                    - Antrian unduhan file di komputer atau ponsel. File yang diunduh pertama akan menjadi yang pertama selesai dan dihapus dari antrian.




    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Mengenal Diri Kita Ala Labschoolian

Papaku Pahlawanku

NON FIKSI 2 Biografi Atanisa