Lebih Mengenal Diri Kita Ala Labschoolian

LEBIH MENGENAL DIRI KITA ALA LABSCHOOLIAN


KATA PENGANTAR :

Halo semua....  perkenalkan nama aku Atanisa Danastri Nabilah, bisa dipanggil Ata. Sekarang aku sedang duduk dibangku sekolah menengah pertama (SMP) di SMP Labschool Kebayoran. Jujur saja aku tidak menyangka di SMP Labschool Kebayoran ini sangat memperhatikan kita. Dari segi keterampilan, bakat, minat dan kita harus tahu mengenai diri kita sendiri. Banyak orang atau anak remaja yang belum mengetahui dirinya lebih dalam, ini sangat berpengaruh terutama bagi pelajar, kalau dia tidak mengetahui gaya belajarnya maka ia akan kesulitan mencerna materi, dan selain itu juga dalam prestasi, bila tidak mengetahui bakat, sulit menentukan ingin berprestasi di bidang apa. Oleh karena itu buku ini akan membantu mengenal diri kita lebih dalam, sekaligus mengenal lebih dalam tentang penulis.

 Tahapan Mengenal Diri :

    Jadi tahapan untuk lebih mengenal diri kita pertama kita harus mengetahui arti nama kita karena itulah doa dari orang tua kita di setiap nama kita disebut , setelah itu kita bisa  mengetahui hobi atau kegiatan yang suka kita lakukan, dari hobi kita juga bisa menentukan bakat. Selain itu kita juga harus tau bagaimana cara kita bergaul, memilih sahabat. Untuk mempermudah saat kita belajar kita juga bisa mengetahui gaya atau tipe belajar kita dengan demikian kita lebih mudah memahami materi jika melihat video, membaca materi, mendengarkan guru, atau langsung praktik . Jika sudah terkumpul semua informasinya maka kita dapat mengetahui diri kita lebih dalam. Jadi di artikel ini aku ingin membantu kalian untuk mengenal diri kalian lebih dalam sekaligus menceritakan tentang diriku dan beberapa pengalamanku


Apakah Kalian Mengetahui Arti Nama Kalian ?

    Arti nama adalah salah satu cara kita untuk lebih memahami diri kita, arti nama kita adalah doa orang tua kita di setiap nama kita disebut. Aku adalah Atanisa Danastri Nabilah. Lahir di Klaten, 15 Otober 2008. Mama dan Papa memberiku nama Atanisa Danastri Nabilah yang berarti  wanita terbaik secantik 3 bidadari, cerdas, kuat dan terhormat. Atanisa berasal dari bahasa Arab terdiri dari 2 nama yang disatukan Ata artinya terbaik, Nisa artinya wanita, jadi Atanisa adalah Wanita terbaik. Danastri berasal dari bahasa sanskerta , Danas artinya secantik , Tri artinya 3 jadi Danastri artinya secantik 3 bidadari.Nabilah berasal dari bahasa Arab yang artinya cerdas, kuat, terhormat. Sungguh arti nama yang sangat indah yang telah Mama dan Papa berikan kepadaku disetiap namanu disebut, semoga doa Mama dan Papa dapat terkabul. Amin....
Kalau aku sendiri berasal dari suku Jawa (Jawa Tengah) begitu juga dengan mama dan papa.
Dari aku lahir hingga kelas 4 aku tinggal di Solo , setelah lulus kelas 4 aku pindah ke Jakarta .
Dan saat ini aku menetap di Jakarta Timur.

Bagaimana Sifat Seorang Atanisa ?

    Aku adalah orang yang paling tidak suka kebohongan. Aku sangat senang kepada orang yang setia , sabar dan menerima aku apadanya. Aku juga memiliki sifat individual dan dominan dimana aku lebih memilih mengerjakan sesuatu sendiri dibanding mengerjakan bersama orang lain, tapi saat masuk di SMP Labschool ini aku jadi senang kerja kelompok bahkan selalu semangat untuk bekerja kelompok , karena teman-temannya seru, lucu, baik dan ramah.  Dan aku belajar cara untuk mengatasi sifat dominanku agar tidak terlalu berlebihan. Aku adalah orang yang perhatian, ramah, setia dan suka menolong. Jika aku mempunyai tanggung jawab atau tugas pasti aku akan segera menyelesaikannya sebelum batas waktu yang ditentukan.


Hobiku Adalah Bermain Sepeda, Berenang, dan Nonton film, Kalau Kamu ?

    Nah, setelah mengetahui arti nama dan sifat kita menuju hobi, Hobiku adalah nonton film, bermain sepeda dan juga benerang, biasanya kegiatan ini aku lakukan ketika waktu senggang atau hari libur. Kalau kalian ingin mengetahui diri lebih dalam hobi adalah salah satu hal penting yang kalian harus ketahui, dan lebih bagus lagi kalau kegiatan yang kalian suka atau hobi ini berkesinambungan dengan bidang kalian. Bagaimana contohnya ? Iya, contohnya kalau kalian anak matematika, hobi kalian membaca buku. Lantas kalau bidang non akademik ? Bisa banget, kalau kalian hobi menari (dance) kalian bisa mengikuti kompetisi dance atau tari kreasi tradisional. Hobi ini bisa membantu meredakan penat dan juga mengasah kemampuan.

Apa Arti Sahabat Bagiku ?

    Arti sahabat bagiku adalah orang yang selalu menemaniku dan mendukungku dikala suka maupun duka. Kalau berbincang tentang teman dan pergaulan, aku adalah orang yang sangat mudah bergaul. Aku harus tau kepribadian temanku dan sikapnya kepadaku. Aku sangat senang orang yang jujur dan setia, bukan paras yang aku lihat tapi hati dan perasan yang aku lihat. Alhamdulillah semua sahabatku adalah orang yang baik, jujur, sabar , mengerti dan menerima aku apa adanya, selalu mendukungku dan selalu ada bersamaku dikala susah maupun senang. Banyak sekali kejadian dan pengalaman saat aku duduk dibangku sekolah dasar , baik suka maupun duka, mereka selalu ada bersamaku, menemaniku dan mendukungku. Aku tidak tahu bagaimana harus membalas kebaikan mereka tapi yang bisa aku lakukan , aku akan setia dan juga akan memperlakukan mereka layaknya sahabat sejati. 




Sekarang Aku Ingin Bertanya Kepada Kalian. Apakah Kalian Tahu Bakat Kalian ?

    Bakat dan minat adalah salah satu cara kita lebih mengenal diri kita, yang dimana juga dapat menentukan profesi kita di masa yang akan datang. Bakat dan minat sangat berhubungan dengan hobi.
Hobi adalah kegiatan yang senang kita lakukan, dari hobi tersebut kita juga dapat mengetahui bakat kita. Hobi ku adalah berenang, belajar, memasak, travelling. Destinasi wisata yang paling aku suka kalau di Jogja daerah Malioboro dan berbagai pantainya,  Jogja buat aku adalah kota yang istimewa dan tak tergantikan. Aku juga sangat senang travelling di Sydney dan Melbourne, Australia terutama Williamstown karena aku tinggal di rumah buddy (Darcy) dan sekolah di WHS selama 2 minggu. Aku juga senang eksperimen bahan makanan yang ada menjadi kreasi makanan ala aku, dan walau kadang ada yang enak ada juga yang kurang enak tapi aku senang karena bisa mengolah bahan makanan sesuai imajinasiku. Aku berbakat di bidang IPA aku sangat senang melakukan eksperimen tanaman aku juga tertarik dengan ilmu biologi. Kalau fisika aku suka karena terbiasa. Sebenarnya aku tidak hanya bakat IPA namun aku juga bakat MC atau pembawa acara aku sering ditunjuk menjadi MC di  beberapa acara di sekolah dasar-ku. Aku adalah alumni Al-Azhar 1 oleh karena itu aku juga pernah diamanahkan untuk membacakan janji alumni angkatan 52 SD Islam Al-Azhar 1 , Kebayoran Baru. Motto saya adalah "Jangan takut gagal , karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda"



Tipe Belajar :

Tipe belajar ada 3 yaitu visual, audio, dan kinestetik.
Visual : lebih mudah memahami materi dengan membaca buku atau PPT
Audio : lebih mudah memahami materi dengan mendengarkan bapak/ibu guru atau ceramah
Kinestetik : lebih mudah memahami materi dengan langsung praktik
Kalau tipe belajarku visual, kalau kamu ? Oiya, jangan salah lho, tipe belajar ini sangat penting untuk kita ketahui agar mempermudah proses belajar kita.

MIMPIKU
Aku ingin menjadi juara Olimpiade MIPA dan aku ingin melanjutkan SMA di Labschool Kebayoran dan aku ingin berkuliah di Universitas Indonesia fakultas ekonomi. 

Apa Saja Prestasi yang Telah Aku Raih ?

Juara 2                 - KSN Kecamatan 2020
Juara 2                 - KSN Kota 2020
Medali Perak       - KOSSMI (Kospetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) 2021
Medali Perunggu - OLKA 2019
Medali Perunggu - ROSC  ( Read1 Online Science Competition) 2020
Medali Perunggu - ROC    ( Read1 Online Competition) SCIENCE 2021
Medali Perunggu - KSMO ( Kompetisi Sains Madrasah Online) 2021
Medali Perunggu - OSI      ( Olimpiade Sains Indonesia ) 2021
Medali Perunggu - ROC     ( Read1 Online Competition) MATA PELAJARAN 2020


KESIMPULAN DAN SARAN :

    Dari sini kita sudah bisa mengenal diri kita lebih dalam, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Agar kita bisa menjadi siswa/i yang lebih baik lagi, alangkah baiknya kita terapkan pola atau kegiatan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan. Menggali prestasi lebih dalam juga bisa kita lakukan, asalkan sudah mengetahui diri lebih dalam, dan juga semangat berprestasi sudah terpupuk dalam diri. Sekian dari saya mohon maaf bila ada perkataan yang kuran berkenan, semoga suka dan terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Papaku Pahlawanku

NON FIKSI 2 Biografi Atanisa