NON FIKSI 2 Biografi Atanisa

 

LEBIH MENGENAL DIRI KITA ALA LABSCHOOLIAN


KATA PENGANTAR :

Halo semua....  perkenalkan nama aku Atanisa Danastri Nabilah, bisa dipanggil Ata. Sekarang aku sedang duduk dibangku sekolah menengah pertama (SMP) di SMP Labschool Kebayoran. Jujur saja aku tidak menyangka di SMP Labschool Kebayoran ini sangat memperhatikan kita. Dari segi keterampilan, bakat, minat dan kita harus tahu mengenai diri kita sendiri. Banyak orang atau anak remaja yang belum mengetahui dirinya lebih dalam, ini sangat berpengaruh terutama bagi pelajar, kalau dia tidak mengetahui gaya belajarnya maka ia akan kesulitan mencerna materi, dan selain itu juga dalam prestasi, bila tidak mengetahui bakat, sulit menentukan ingin berprestasi di bidang apa. Oleh karena itu buku ini akan membantu mengenal diri kita lebih dalam, sekaligus mengenal lebih dalam tentang penulis.

 Tahapan Mengenal Diri :

    Jadi tahapan untuk lebih mengenal diri kita pertama kita harus mengetahui arti nama kita karena itulah doa dari orang tua kita di setiap nama kita disebut , setelah itu kita bisa  mengetahui hobi atau kegiatan yang suka kita lakukan, dari hobi kita juga bisa menentukan bakat. Selain itu kita juga harus tau bagaimana cara kita bergaulmemilih sahabat. Untuk mempermudah saat kita belajar kita juga bisa mengetahui gaya atau tipe belajar kita dengan demikian kita lebih mudah memahami materi jika melihat video, membaca materi, mendengarkan guru, atau langsung praktik . Jika sudah terkumpul semua informasinya maka kita dapat mengetahui diri kita lebih dalam. Jadi di artikel ini aku ingin membantu kalian untuk mengenal diri kalian lebih dalam sekaligus menceritakan tentang diriku dan beberapa pengalamanku


Apakah Kalian Mengetahui Arti Nama Kalian ?

    Arti nama adalah salah satu cara kita untuk lebih memahami diri kita, arti nama kita adalah doa orang tua kita di setiap nama kita disebut. Aku adalah Atanisa Danastri Nabilah. Lahir di Klaten, 15 Otober 2008. Mama dan Papa memberiku nama Atanisa Danastri Nabilah yang berarti  wanita terbaik secantik 3 bidadari, cerdas, kuat dan terhormat. Atanisa berasal dari bahasa Arab terdiri dari 2 nama yang disatukan Ata artinya terbaik, Nisa artinya wanita, jadi Atanisa adalah Wanita terbaik. Danastri berasal dari bahasa sanskerta , Danas artinya secantik , Tri artinya 3 jadi Danastri artinya secantik 3 bidadari.Nabilah berasal dari bahasa Arab yang artinya cerdas, kuat, terhormat. Sungguh arti nama yang sangat indah yang telah Mama dan Papa berikan kepadaku disetiap namanu disebut, semoga doa Mama dan Papa dapat terkabul. Amin....
Kalau aku sendiri berasal dari suku Jawa (Jawa Tengah) begitu juga dengan mama dan papa.
Dari aku lahir hingga kelas 4 aku tinggal di Solo , setelah lulus kelas 4 aku pindah ke Jakarta .
Dan saat ini aku menetap di Jakarta Timur.

Bagaimana Sifat Seorang Atanisa ?

    Aku adalah orang yang paling tidak suka kebohongan. Aku sangat senang kepada orang yang setia , sabar dan menerima aku apadanya. Aku juga memiliki sifat individual dan dominan dimana aku lebih memilih mengerjakan sesuatu sendiri dibanding mengerjakan bersama orang lain, tapi saat masuk di SMP Labschool ini aku jadi senang kerja kelompok bahkan selalu semangat untuk bekerja kelompok , karena teman-temannya seru, lucu, baik dan ramah.  Dan aku belajar cara untuk mengatasi sifat dominanku agar tidak terlalu berlebihan. Aku adalah orang yang perhatian, ramah, setia dan suka menolong. Jika aku mempunyai tanggung jawab atau tugas pasti aku akan segera menyelesaikannya sebelum batas waktu yang ditentukan.


Hobiku Adalah Bermain Sepeda, Berenang, dan Nonton film, Kalau Kamu ?

    Nah, setelah mengetahui arti nama dan sifat kita menuju hobi, Hobiku adalah nonton film, bermain sepeda dan juga benerang, biasanya kegiatan ini aku lakukan ketika waktu senggang atau hari libur. Kalau kalian ingin mengetahui diri lebih dalam hobi adalah salah satu hal penting yang kalian harus ketahui, dan lebih bagus lagi kalau kegiatan yang kalian suka atau hobi ini berkesinambungan dengan bidang kalian. Bagaimana contohnya ? Iya, contohnya kalau kalian anak matematika, hobi kalian membaca buku. Lantas kalau bidang non akademik ? Bisa banget, kalau kalian hobi menari (dance) kalian bisa mengikuti kompetisi dance atau tari kreasi tradisional. Hobi ini bisa membantu meredakan penat dan juga mengasah kemampuan.

Apa Arti Sahabat Bagiku ?

    Arti sahabat bagiku adalah orang yang selalu menemaniku dan mendukungku dikala suka maupun duka. Kalau berbincang tentang teman dan pergaulan, aku adalah orang yang sangat mudah bergaul. Aku harus tau kepribadian temanku dan sikapnya kepadaku. Aku sangat senang orang yang jujur dan setia, bukan paras yang aku lihat tapi hati dan perasan yang aku lihat. Alhamdulillah semua sahabatku adalah orang yang baik, jujur, sabar , mengerti dan menerima aku apa adanya, selalu mendukungku dan selalu ada bersamaku dikala susah maupun senang. Banyak sekali kejadian dan pengalaman saat aku duduk dibangku sekolah dasar , baik suka maupun duka, mereka selalu ada bersamaku, menemaniku dan mendukungku. Aku tidak tahu bagaimana harus membalas kebaikan mereka tapi yang bisa aku lakukan , aku akan setia dan juga akan memperlakukan mereka layaknya sahabat sejati. 




Sekarang Aku Ingin Bertanya Kepada Kalian. Apakah Kalian Tahu Bakat Kalian ?

   Bakat dan minat adalah salah satu cara kita lebih mengenal diri kita, yang dimana juga dapat menentukan profesi kita di masa yang akan datang. Bakat dan minat sangat berhubungan dengan hobi.
Hobi adalah kegiatan yang senang kita lakukan, dari hobi tersebut kita juga dapat mengetahui bakat kita. Hobi ku adalah berenang, belajar, memasak, travelling. Destinasi wisata yang paling aku suka kalau di Jogja daerah Malioboro dan berbagai pantainya,  Jogja buat aku adalah kota yang istimewa dan tak tergantikan. Aku juga sangat senang travelling di Sydney dan Melbourne, Autralia terutama Williamstown,  karena aku tinggal di rumah buddy (Darcy) dan sekolah di WHS selama 2 minggu. Aku juga senang eksperimen bahan makanan yang ada menjadi kreasi makanan ala aku, dan walau kadang ada yang enak ada juga yang kurang enak tapi aku senang karena bisa mengolah bahan makanan sesuai imajinasiku. Aku berbakat di bidang IPA aku sangat senang melakukan eksperimen tanaman aku juga tertarik dengan ilmu biologi. Kalau fisika aku suka karena terbiasa. Sebenarnya aku tidak hanya bakat IPA namun aku juga bakat MC atau pembawa acara aku sering ditunjuk menjadi MC di  beberapa acara di sekolah dasar-ku. Aku adalah alumni Al-Azhar 1 oleh karena itu aku juga pernah diamanahkan untuk membacakan janji alumni angkatan 52 SD Islam Al-Azhar 1 , Kebayoran Baru. Motto saya adalah "Jangan takut gagal , karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda"




Tipe Belajar :

Tipe belajar ada 3 yaitu visual, audio, dan kinestetik.
Visual : lebih mudah memahami materi dengan membaca buku atau PPT
Audio : lebih mudah memahami materi dengan mendengarkan bapak/ibu guru atau ceramah
Kinestetik : lebih mudah memahami materi dengan langsung praktik
Kalau tipe belajarku visual, kalau kamu ? Oiya, jangan salah lho, tipe belajar ini sangat penting untuk kita ketahui agar mempermudah proses belajar kita.

MIMPIKU
Aku ingin menjadi juara Olimpiade MIPA dan aku ingin melanjutkan SMA di Husni Tamrin atau SMA Labschool Kebayoran dan aku ingin berkuliah di Universitas Indonesia jurusan kedokteran atau akuntansi

Apa Saja Prestasi yang Telah Aku Raih ?

Juara 2                 - KSN Kecamatan 2020
Juara 2                 - KSN Kota 2020
Medali Perak       - KOSSMI (Kospetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) 2021
Medali Perunggu - OLKA 2019
Medali Perunggu - ROSC  ( Read1 Online Science Competition) 2020
Medali Perunggu - ROC    ( Read1 Online Competition) SCIENCE 2021
Medali Perunggu - KSMO ( Kompetisi Sains Madrasah Online) 2021
Medali Perunggu - OSI      ( Olimpiade Sains Indonesia ) 2021
Medali Perunggu - ROC     ( Read1 Online Competition) MATA PELAJARAN 2020

PAPAKU PAHLAWANKU

    Halo semuanya.. kali ini aku akan menceritakan tentang "Papaku Pahlawanku".
Setiap anak di dunia pasti memiliki seorang ayah yang hebat, namun menurutku papa adalah papa yang terbaik sedunia. Aku dan papa memang sedikit berbeda dibanding hubungan seorang putri dan ayahnya. Aku memang lebih dekat dengan Mami dibanding Papa, karena dari aku lahir hingga berumur 11 tahun aku tinggal di Solo dan Papa di Jakarta. Jadi memang sangat jarang berkomunikasi. Aku lebih sering manja ke mami, dan sangat jarang manja ke papa.
 
    Bahkan aku dengan papa sering sekali berbeda pendapat, tapi Mami pernah bilang ke aku "kamu dan Papa itu sifatnya sama aja, tapi anehnya kalau ngobrol kok sering beda persepsi." Ya memang begitu adanya, memang sangat lucu dan aneh sendiri aku melihatnya. Di sisi lain aku tahu dia sangat mentintaiku, karena cara orang mencintai itu berbeda-beda. Aku sangat sayang kepadanya, perjuangannya yang sangat berat, rintangan yang dialaminya membuatku terinspirasi agar aku dapat mencapai kesuksesan yang lebih dan dapat membanggakan papa. Kenapa aku panggil Papa, bukan Papi ? karena Papa lebih suka dipanggil Papa daripada Papi



Perjuangan Hidup Papa

  Papaku bernama Suseno, lahir di Klaten, 29 Januari 1979. Kakek dan nenekku seorang petani, yang sampai saat ini masih aktif mengelola berbagai lahan. Kakek nenekku sangat mengutamakan pendidikan.Waktu kecil Papa sangat pandai dalam pelajaran matematika,fisika dan kimia. Di bangku sekolah matematikanya selalu mendapat nilai 10 (kalau sekarang 100). Papa sangat tertarik pada pelajaran kimia jadi papa mengambil jurusan teknik kimia di Universitas Gadjah Mada. 

    Saat menempuh pendidikan di universitas inilah papa mendapat banyak pengalaman dan ilmu. Bagaimana cara mengatur hidup dan pergaulan di lingkungan kost dan kampus. Hidup mandiri di jenjang kuliah sangat banyak rintangan dan halangan. Hal ini berkaitan dengan efisiensi waktu dan biaya. Papa memiliki target harus selesai kuliah dalam waktu lima tahun dengan IPK cumlaude. Dengan jurusan teknik kimia yang sulit di perlukan belajar yang keras. Akhirnya hasil tidak akan mengkhianati usaha. Dari pengalaman di bangku kuliah papaku bercita cita harus bekerja di perusahaan minyak dan gas.

   Namun kenyataan tak seindah impian. Setelah lulus kuliah papa di terima kerja di sebuah perusahaan kertas. Kesempatan itu diambil untuk mendapat pengalaman kerja namun tetap mengejar impian di perusahaan minyak dan gas. Setelah 2 tahun berlalu papa melamar di sebuah perusahaan BUMN yaitu PGN (Perusahaan Gas Negara) dan akhirnya diterima. Papa belekerja di PGN dari tahun 2004. Kemudian menikah dengan mami. Semenjak saat itu papa bekerja di Jakarta dan Mami di Solo, mami bekerja di sebuah perusahaan BUMN juga yaitu BRI, namun sekarang Mami sudah resign karena ingin fokus mengurus keluarga. Namun Mami juga tetap ingin produktif dengan memiliki usaha. 


     

    Bagaimana Sifat Seorang Papa ?

    Menurutku perjuangan papa sangat luar biasa. Yang aku kagumi juga walau papa bekerja tapi papa juga bisa sambil kuliah S2 di Universitas Bina Nusantara (Binus) jurusan magister manajemen dan lulus pada tahun 2018 dengan predikat cumlaude. Saat kerja di BUMN karir Papa sangatlah baik, diusianya sekarang Papa telah meraih banyak pencapaian, bahkan dulu Papa pernah ditunjuk untuk mewakili perusahaan dalam membantu kementrian SDM.  Papa juga selalu menginginkan yang terbaik untuk kita, apalagi soal pendidikan. Papa juga seorang ayah yang kuat dan pekerja keras. Aku sangat sayang kepadanya, ia juga selalu melindungiku, memberiku nasihat, membuat aku bahagia. 

Menurutku papa adalah ayah yang sangat peduli apalagi aku anak perempuan jadi papa sangat menjagaku. Papa juga sangat baik, kalau uang jajan aku habis 5 detik kemudian pasti langsung dikasih gopay.



   
    Jasa papa sangat besar, bila tidak ada ia mungkin aku sekarang bukan alumni Alpus, dan mungkin sekarang aku juga bukan siswi SMP Labschool Kebayoran. Saat pindah di Alpus sebenarnya kuota sudah penuh namun karena papa memiliki teman yang kenal dekat dengan yayasan di Alpus jadi aku bisa masuk ke Alpus. Saat tes masuk Labschool papa yang mengajariku matematika. Ya walau kadang suka bingung karena menjelaskannya cepat, tapi lama kelamaan aku juga paham. Setiap sabtu papa juga selalu mengantarku pembinaan ke sekolah walau papa juga sambil kerja. Dan papa juga selalu mendukung dan memberiku semangat.

Terimakasih banyak papa yang telah merawatku, mendidikku dan menjagaku. Sebaik atau sebagus apapun aku membuat ungkapan cinta itu tidak akan membalas jasamu. Aku Atanisa Danastri Nabilah putrimu satu-satunya berjanji akan berusaha untuk membahagiakan dan membanggakanmu.Pesanku kepada seluruh anak di dunia adalah hargai dan hormati papa kalian.

MAMI BAGAIKAN MATAHARI


  Haloo semua....... kali ini aku akan menceritakan tentang "Hebatnya Mamiku". Aku tahu setiap anak di dunia memiliki ibu yang hebat. Ada yang memanggilnya Mama, Bunda, Mami, Umi, Ibu dan sebutan lainnya. Kalau aku memanggilnya Mami , namun menurutku Mami berbeda dari ibu lainnya.

   Menurut aku Mami adalah sosok Ibu yang cantik, cerdas, penyayang, tegas, disiplin, lucu dan sangat peduli.
Rambut hitam yang panjang , bulu mata yang lentik, wajah yang bulat menjadi ciri khas Mamiku
Mamiku bern
ama Agung Dwi Hapsari. 
Adalah orang asli Solo, Jawa Tengah, beliau lahir di Klaten, 4 September 1981.  Mami adalah segalanya bagiku, Mami adalah wonder womenku, guruku, chefku, dokterku, managerku yang mengatur jadwalku.

PERJUANGAN MAMI

  Kakek nenekku dari Mami adalah seorang pengusaha, dari kecil mami sudah diajari untuk selalu disiplin dan rajin belajar. Mami telah berjuang bagi hidupku, perjuangan Mami sangatlah besar, pengorbanan yang paling menyentuh ketika Mami rela mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah dijalani selama 14 tahun demi kami. Namun semenjak resign mami tetap memiliki kesibukan dengan memiliki usaha. Tidak hanya itu Mami menurutku adalah sosok yang kuat, saat Mami masih bekerja beliau masih tetap mengajariku dan memberikan kasih sayang yang utuh. Mami sangat sabar menghadapi kita, walau aku tahu setiap hari Mami sibuk, ada masalah pekerjaan, tapi Mami tidak pernah mengeluh sedikitpun kepadaku. Saat aku kesulitan dalam belajar Mami yang selalu mendampingi dan mengajari sampai aku memahami materi. Terlebih aku mengikuti program Sky Tahfidz dimana ada target hafalan yang harus dicapai setiap sesi pembelajaran. Disini aku harus hafalan yang membutuhkan penyimak, dan Mami yang selalu menyimak serta membimbing aku hafalan Al-Quran. 

   Tidak hanya itu, setiap aku mengalami masalah Mami selalu membantu menyelesaikan masalahnya, dan Mami juga sering menasihatiku tentang banyak hal yang tidak diajarkan di sekolah. Mami adalah sosok yang menjadi tempat ceritaku tentang sehari-hariku, misalnya tentang pelajaran sekolah, PR, teman dan banyak hal lagi. 

Menurutku Mami adalah sosok yang sangat perhatian, peduli, tegas dan penyayang. Walau aku juga sering dimarahi karena aku sering malas bangun tidur, tapi aku juga tahu itu semua demi kebaikanku. Mami bukanlah ibu yang terlalu melarang anaknya, mami mengizinkan aku ke cafe, hangout, dan ke mall bareng temen. Bahkan Mami menyuruh aku untuk punya sahabat cowo, bukan cuman cewe saja. Makanya aku mulai membiasakan diri untuk ngobrol sama temen cowo, supaya punya sahabat.

MAMI BISA SEGALANYA

    Tidak dapat dipungkiri lagi Mami memang bisa segalanya. Setiap hari Mami memasak seperti Chef, Setiap hari Mami membimbingku belajar seperti guru, Setiap hari Mami menjadi manager yang mengatur jadwalku, Saat aku sakit Mami merawatku seperti dokter, Mami juga bisa menjadi teman. Pokoknya Mami pasti bisa segalanya. Aku sangat kagum dan terinspirasi dari Mami, Mami adalah sosok yang kuat dan pantang menyerah, saat aku belajar Olimpiade Mami yang selalu menemaniku saat pembinaan, membantuku merangkum materi dan mengantarkan aku bimbingan belajar (Bimbel). Cara Mami dan Papa membimbingku sangatlah tegas dan disiplin, seperti belum boleh menonton televisi bila belum belajar. Namun Mami sebenarnya merupakan sosok yang sangat lucu, asik dan bisa diajak curhat. Mami juga tau solusi terbaik saat aku sedang pusing, stress dan banyak tugas. Mami juga selalu melindungiku, membimbingku ke jalan yang benar. Dan menurutku Mami seperti Matahari yang selalu membuat hidupku cerah dan berwarna

   Dan satu yang  membuatku ingin memiliki sifat Mami adalah, walau banyak beban dan masalah tetapi tetap semangat dan tidak pernah mengeluh. Aku juga ingin menjadi sosok yang dapat beradaptasi di manapun aku berada dan selalu memberikan yang terbaik. Dan aku ingin meraih cita-citaku agar dapat membahagiakan Mami dan Papa.

MATAHARIKU MOTIVASIKU

    Hii semua.. di blog kali ini aku akan bercerita tentang adikku. Tugas kali ini kita menceritakan orang yang berada 1 atap bersama kita kecuali mami dan papa. Kebetulan sekali aku belum menceritakan adikku jadi kali ini aku akan menceritakannya.



Arkha

    Arkha Arganta Hamizan, lahir di Klaten 26 Mei 2012. Sungguh nama yang indah, Arkha yang berarti matahari berasal dari bahasa arab, Arganta yang berarti berkedudukan tinggi berasal dari bahasa sansekerta, dan Hamizan yang berarti cerdas, kuat dan tampan bersal dari bahasa arab. Jadi Arkha Arganta Hamizan adalah matahari yang memiliki kedudukan tinggi, cerdas, kuat dan tampan. Sungguh arti nama yang sangat indah yang telah Mami dan Papa berikan kepadanya disetiap namanya disebut, semoga doa Mami dan Papa dapat terkabul. Amin....
Saat ini Arkha sedang menempuh pendidikan di SD Islam Al - Azhar 1 Kebayoran Baru, kelas 5. Arkha adalah laki laki yang tampan, mukanya bulat, dia sangat imut.

Bagaimana Sifat Adik Kecilku Ini ?



 Arkha adalah adik yang baik, ya walau terkadang menyebalkan tetapi aku sangat menyayanginya. Arkha sangat suka bermain game, dan  kalau  PJJ Arkha sukanya ya  tidur, jadi saat aku istirahat aku sering membangunkannya. Arkha sebenarnya adalah anak yang rajin, adikku ini juga berbakat di bidang matematika. Olahraga yang paling Arkha sukai adalah berenang.

Ata dan Arkha

    Aku dan Arkha bak tom and jerry di dunia nyata. Kita kalau sudah bertengkar ya begitu, pasti heboh 1 rumah, tapi menurutku itu adalah hal yang wajar sebagai kakak dan adik. Tapi kalau kita sudah bercanda itu suaranya seperti konser, ya memang begitu adanya. Aku sangat menyayanginya ya walau kadang sangat sebal. Adikku bisa dibilang adik laki laki yang penurut, biasanya kalau aku meminta tolong dia pasti bersedia membantu, aku dan Arkha itu terkadang akur terkadang juga bertengkar, kalau bertengkar biasanya kita saling mengejek tapi setelah itu malah bercanda. Kita juga suka bermain kejar-kerajan. Arkha sangatlah peduli kepadaku. Dia bahkan diam-diam membuat playlist spotify lagu kesukaanku.

    Tapi ada beberapa hari yang aku benar-benar hanya berbicara 1 sampai 2 patah kata saja kepadanya, karena aku sibuk. Nah, kalau hari libur aku suka berenang bareng Arkha dan menonton Sptrakori bersama - sama. Aku dan Arkha juga suka berebut  untuk ditemani Mami. Tapi disisi lain kami saling melindungi, aku selalu menjaganya dan dia juga selalu menjagaku.

    Demikianlah cerita kami, hari hari kami lalui bersama, suka dan duka. Kadang sayang sekali kadang juga sebal sekali. Terimakasih Arkha sudah menjadi teman, lawan, dan pahlawan di hidupku. Arkha juga salah satu motivasiku untuk berprestasi, semoga Arkha dapat membanggakan keluarga kita dengan berprestasi baik akademik maupun non-akademik. Semoga kita bisa tumbuh dewasa bersama dan meraih kesuksesan bersama. Semangat Arkha-ku sayang ! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Mengenal Diri Kita Ala Labschoolian

Papaku Pahlawanku